Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat



Khasiat Daun salam untuk Asam Urat - Pada beberapa kesempatan ada orang yang bertanya tentang dapatkah kasiat daun salam digunakan untuk mengobati asam urat? Sebenarnya belum ada penelitian yang sangat mendalam tentang hal itu, namun berdasarkan pengalaman medis dari banyak orang menyatakan bahwa Daun salam memang berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat.

Apakah hal tersebut mitos ataukah fakta? Mari kita cari tahu!

Pengertian Asam Urat

Asam urat yang dalam Bahasa Inggris disebut Uric Acid merupakan komponen dari darah dan urin yang merupakan produk akhir metabolisme asam nukleat. Asam urat tergolong sebagai senyawa organik dan mengandung unsur nitrogen yang tidak larut dalam air, dan penyebab utama pembentukan kristal padat pada sendi. Selain mengendap di sendi, kristal asam urat juga dapat terbentuk di dalam ginjal dan menyebabkan batu ginjal.


Asam urat juga ditemukan dalam makanan tertentu, terutama daging merah, jeroan seperti hati dan ginjal, serta tedapat pada ikan teri, dan beberapa jenis kerang. Pria yang berumur lebih dari 40 tahun, orang yang mengalami obesitas, orang yang sering minum alkohol, dan orang yang menggunakan diuretik untuk menurunkan tekanan darah berada dalam kategori risiko tinggi terkena asam urat.

Suplemen untuk Mengatasi Asam Urat 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat mulai dari diet dari makanan yang mengandung banyak asam urat seperti emping melinjo, jeroan dan kacang-kacangan sampai dengan konsumsi suplemen pendukung. Berikut ini adalah suplemen yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi gejala asam urat :
  1. Vitamin B kompleks: Membantu tubuh Anda untuk mengkonversi asam urat dalam darah menjadi zat yang tidak berbahaya bagi tubuh. 
  2. L-glutathione: Membantu kelenjar ginjal untuk membuang asam urat dari tubuh Anda 
  3. Vitamin C: Menurunkan kadar asam urat Anda serta membantu untuk mengurangi peradangan.
Kandungan Daun Salam

Pada artikel yang terdahulu blog ini telah membahas tentang kandungan daun salam. Dalam artikel tersebut mengungkapkan bahwa daun salam memiliki kandungan Vitamin B kompleks dan Vitamin C dalam jumlah kecil.

Resep Tradisional Penurun Asam Urat

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Prof Hembing Wijayakusuma yang berjudul Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi diungkapkan bahwa daun salam memiliki berbagai khasiat obat yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit termasuk asam urat.

Berikut ini adalah resep penurun asam urat menggunakan daun salam :

Rebus 10 lembar daun salam kering dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum air rebusan selagi masih hangat.

Khasiat daun salam untuk asam urat memang sejak lama telah dipercara banyak orang. Namun demikian, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mencoba pengobatan dengan daun salam.