Fakta tentang Kandungan Daun Salam

Daun salam sering kali digunakan sebagai bumbu dan rempah-rempah untuk menambah rasa makanan dan membantu untuk mengurangi kebutuhan garam dan penyedap rasa. Selain fungsi utamanya sebagai bumbu dapur, kandungan daun salam dipercaya mampu memberikan manfaat terhadap kesehatan. Memang penelitian secara intensif terhadap bumbu ini belum pernah dilakukan, namun berdasarkan penelitian sederhana diketahui bahwa daun salam memiliki kandungan gizi yang kaya. Berikut ini beberapa kandungan gizi di dalam daun salam yang harus Anda ketahui!

Kalori

Karena hanya digunakan dengan jumlah yang sangat kecil dalam masakan, daun salam hanya menyumbangkan kalori dengan jumlah yang tidak signifikan. Selain digunakan dalam jumlah yang kecil, daun salam sama halnya seperti dedaunan yang lain yang memiliki tingkat kalori rendah.




Karbohidrat dan Serat

Sebenarnya kandungan karbohidrat dalam daun salam cukup tinggi, yakni sejumlah 1,35 gram setiap sendok makan bubuk daun salam. Satu gram karbohidrat mengandung kurang lebih 4 kalori. Jadi setiap sendok makan daun salam menghasilkan kurang lebih 5 kalori.


Selain karbohidrat daun salam memiliki kandungan serat dalam jumlah kecil, yakni 0,5 gram per sendok makan bubuk daun salam. Memang jumlahnya cukup kecil, namun dengan mengkombinasikannya dengan sayuran dan buah dalam diet Anda akan mampu mencukupi asupan serat tiap harinya.


Mineral

Daun salam juga mengandung beberapa mineral penting, meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Daun salam merupakan sumber zat besi, mineral yang memberikan kontribusi untuk sel darah merah. Setiap sendok makan daun salam bubuk mengandung 0,77 gram zat besi. Jumlah ini hampir mencukupi 10 persen asupan harian yang diperlukan untuk pria dan wanita pasca-menopause, dan sekitar 4 persen dari jumlah yang direkomendasikan untuk wanita pra-menopause.


Vitamin

Kandungan daun salam lainnya yang cukup lengkap adalah vitamin dalam jumlah yang relatif kecil. Setiap 1 sendok makan daun salam bubuk memiliki kandungan sekitar 111 IU vitamin A, sekitar 4-5 persen dari jumlah yang dibutuhkan oleh pria dan wanita setiap harinya. Selain itu, daun salam mengandung sejumlah kecil vitamin penting lainnya, seperti vitamin B-6, B-9 dan C.