Efek Samping Daun Salam

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Daun Salam merupakan salah satu bumbu yang sering kali dipakai dalam masakan tradisional. Pada beberapa kesempatan, daun ini juga sering kali digunakan sebagai bahan obat herbal yang dipercaya memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah membantu menyembuhkan asam urat. Namun apakah daun salam aman untuk dikonsumsi secara terus menerus? Apakah ada Efek samping dari penggunaan daun salam sebagai obat? Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini!

Hingga saat ini belum ada penelitian yang secara spesifik meneliti tentang keguanaan daun salam. Informasi yang beredar luas hanya terbatas pada tradisi dan penelitian yang benar-benar terbatas. Berikut ini sedikit kutipan mengenai efek samping konsumsi daun salam yang diambil dari situs http://www.healthline.com :


"Secara keseluruhan, daun salam memiliki efek samping sangat sedikit, dan kemungkinan aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang digunakan dalam makanan. Namun, pada beberapa kasus dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti : masalah pencernaan karena daun salam sulit untuk dicerna, dapat berdampak juga pada pernapasan untuk penderita asma.

Efek samping lain yang pernah dilaporkan meliputi eksim di tangan dan wajah.
Beberapa praktisi medis menyatakan tidak menganjurkan konsumsi daun salam untuk ibu hamil dan menyusui dalam jumlah banyak. Namun karena kurangnya bukti ilmiah mengenai hal tersebut masih menjadi perdebatan"

Daun salam memang bukanlah termasuk kategori yang harus sangat diwaspadai karena sedikitnya kasus yang dilaporkan terkait dengan efek samping daun salam. Namun, apabila Anda memiliki alergi atau sedang dalam keadaan hamil atau menyusui, penggunaan daun salam dalam jumlah banyak (misalnya untuk pengobatan tradisional) harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau praktisi medis yang berkompeten. Anda juga dapat membaca article mengenai "Bolehkah Wanita Hamil Mengkonsumsi Daun Salam?"