Manfaat Daun Salam : Mengobati Kolesterol

Manfaat Daun Salam : Mengobati Kolesterol - Penyakit kolesterol merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita. Penyakit ini sangat berbahaya sebab biasanya penderita tidak memiliki keluhan apa-apa, namun tiba-tiba terkena penyakit stroke atau jantung.

Sebenarnya apa sih kolesterol itu?

Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang diproduksi di dalam liver dan berasal dari makanan berlemak yang biasa kita konsumsi. Sebenarnya terdapat 2 jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh kita, yaitu : kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa menempel pada pembuluh darah dan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein). Jika LDL merupakan penyebab berbagai macam penyakit jika jumlahnya berlebih, HDL merupakan senyawa yang mampu melarutkan LDL dalam tubuh.


LDL dalam tubuh kita memang harus dikendalikan. Ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh untuk mengendalikan kolesterol, salah satunya adalah dengan menggunakan daun salam. Rebusan daun salam yang dikonsumsi setiap hari ternyata mampu mengontrol kolesterol jahat.

Apabila Anda memiliki gangguan kesehatan terkait dengan kolesterol, tidak ada salahnya untik mencoba ramuan daun salam. Berikut ini resep ramuan daun salam untuk mengobati kolesterol yang dikutip dari situs republika.co.id :

Siapkan 7 (tujuh) lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus. Rebus 600 cc air hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan daun yang telah disiapkan dan tunggu hingga air tersisa 300 cc. Setelah dingin air rebusan daun salam tersebut diminum secara teratur.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Dengan resep yang mudah ini Anda dapat mengatasi kolesterol dengan menggunakan daun salam.


Referensi :
  • Kumpulan.info 
  • Majalahkesehatan.com 
  • Republika.co.id