Daun Salam Koja

Daun salam (atau yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai bay leaf) mungkin tidak asing lagi bagi Anda yang hobi memasak terutama masakan tradisional. Aromanya yang khas mejadikan daun salam sebagai salah satu bumbu rempah yang cukup populer. Jika daun salam cukup populer tahukah Anda tentang Daun Salam Koja?

Berbeda dengan daun salam yang lazim kita gunakan, daun salam koja memiliki aroma yang lebih mirip daun jeruk dan sering kali digunakan sebagai tambahan rempah untuk bumbu kari terutama di wilayah Sumatera khususnya Aceh. Di pasaran, masyarakat biasa menyebut daun ini sebagai daun kari atau daun temuru.



Daun salam koja (Muraya koenigii) termasuk dalam keluarga jeruk-jerukan, berbeda sekali dengan daun salam yang tergolong dalam tanaman jambu. Secara tekstur, daun salam koja memiliki warna hijau tua sedikit mengkilap dengan tekstur yang cukup keras dan pohonnya bisa tumbuh hingga 6 meter. Daun salam koja sendiri lebih sering digunakan dalam keadaan segar ketika aromanya masih kuat. Penggunaan ketika sudah kering jarang sekali dijumpai karena aromanya tidak setajam ketika masih segar.

Sesuai namanya, Daun salam koja/daun kari ini sangat cocok bila digunakan sebagai bumbu penyedap masakan kari, . Cara penggunaannya cukup masukkan daun segar yang telah dicuci bersih ke dalam masakan Anda. Karena aromanya yang sangat berbeda, daun salam koja tidak dapat digunakan sebagai bumbu pengganti daun salam yang biasa kita gunakan.

Referensi :
  1. justtryandtaste.blogspot.com 
  2. wikipedia.com
Sumber Gambar :  nurzanepastry.blogspot.com