Catatan tentang Kandungan Daun Sirih

kandungan daun sirih
Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang telah dikenal selama ratusan tahun. Pada beberapa wilayah selain dipakai sebagai tanaman obat, daun sirih juga dikonsumsi secara langsung dengan cara dikunyah dengan kapur dan pinang (sering kali disebut sirih pinang). Sejak lama daun sirih digunakan untuk mengobati mimisan dan sebagai antiseptic khususnya untuk merawat daerah kewanitaan.

Meskipun banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, banyak orang hanya menggunakannya berdasarkan tradisi saja dan jarang sekali yang mengetahui apa sebenarnya kandungan daun sirih. Nah, berkikut ini sedikit catatan mengenai kandungan daun sirih dan manfaat yang bisa diambil darinya :

Kandungan Daun Sirih

Ada beragam zat yang terkandung dalam daun sirih. Berdasarkan artikel yang terdapat pada situs wikipedia.com berikut ini kandungan kimia daun sirih :

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
Karena kandungannya yang sangat kaya tersebut, daun sirih sering kali dipakai sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun sirih sebagai berikut :
  • Menghilangkan bau mulut tak sedap : berkumur dengan air rebusan daun sirih dipercaya mampu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kemampuan untuk mematikan kuman dan jamur di dalam mulut. Caranya mudah, cukup dengan merebus beberapa helai daun sirih dengan 1 liter air hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian dinginkan. Air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur tiap pagi dan malam hari.
  • Mengobati mimisan : Siapapun tidak akan asing lagi dengan cara ini karena berdasarkan tradisi setiap anak kecil yang mimisan selalu diobati dengan daun sirih yang sudah digulung kemudian dimasukkan ke dalam hidung. Minyak yang keluar dari daun sirih memang terbukti mampu mengurangi pendarahan dan mencegah timbulnya infeksi karena luka.
  • Mengobati keputihan : Umumnya sabun kebersihan khusus yang dipakai wanita selalu memiliki kandungan daun sirih sebagai bahan aktiv pembunuh kuman. Cara ini cukup efektif, namun jika menginginkan hasil yang lebih bagus, Anda bisa meminum air rebusan daun sirih. Cukup ambil beberapa helai daun sirih, kemudian rebus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Minum secara rutin.

Sebenarnya ada berbagai manfaat lagi yang belum disampaikan dalam artikel ini. Namun, 3 manfaat di atas telah membuktikan bahwa kandungan daun sirih sangat berguna bagi kesehartan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih